Sabtu, 29 Oktober 2016

Cara Membuat Blog

Web-log atau yang sering kita dengar dengan nama Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat pada sebuah web. Di blog saya kali ini, saya akan memberi tahu kalian bagaimana caranya membuat Web log atau Blog, berikut langkah-langkahnya : 

1.  Buat akun Gmail terlebih dahulu 
Buatlah akun gmail karena ketika kita ingin membuat blog, kita harus mempunyainya. Membuat blog tidak bisa menggunakan akun email lain seperti yahoo, hotmail atau yang lainnya, karena blogger sendiri adalah aplikasi milik google dimana google memiliki akun email sendiri yaitu gmail. Oleh karena itu kita wajib punya akun gmail atau membuatnya terlebih dahulu, jika kita ingin membuat blog.

2.  Masuk ke www.blogger.com 
Ketika kamu mengklik website resmi blogger diatas kamu akan diminta untuk memasukkan akun gmail kamu seperti pada gambar. Kemudian klik masuk


 3.  Mulailah buat blog baru
 Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman seperti pada gambar dibawah, lalu klik "Blog Baru''



4.  Beri Nama dan Pilih Alamat 
Selanjutnya akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah, dimana terdapat 4 langkah singkat membuat blog di dalamnya. 
  


Penjelasan :

  • Judul, Buatlah judul sesuai dengan tema blog yang akan kamu buat. 
  • Alamat, Pada kolom ini kamu harus membuat alamat blog yang belum dimiliki oleh orang  lain. 
  • Template, Di kolom ini kamu bisa memilih berbagai tampilan untuk blog kamu nantinya. Kamu juga bisa mendownload tampilan lainnya yang kamu sukai di situs penyedia secara gratis. 
  • Klik ''Buat blog'', Ini untuk mensave nama dan tampilan yang telah kamu pilih dan blog sudah siap untuk diisi dengan berbagai macam artikel yang kamu ingin buat.

5.  Mengisi dan Menulis Artikel 
Setelah mempunyai blog langkah selanjutnya yang harus kita tahu adalah bagaimana cara menulis artikel didalamnya.
Berikut prosesnya : 

a. Masuk ke halaman penulisan  


Catatan :
Klik tombol oranye seperti pada gambar untuk posting article atau klik tanda panah kecil untuk memilih pengaturan, 'Pos' untuk melihat semua artikel yang telah kamu buat, 'Laman' untuk menulis artikel menu, 'Komentar' untuk melihat siapa saja yang telah memberi comment, 'Statistik' untuk melihat berapa banyak pengunjung yang telah mengunjungi blog kamu. Setelah itu kamu juga bisa membuat artikel baru dibagian kiri samping.  

b. Mulai posting 
  

Keterangan (sesuai angka) :
  1. Judul artikel yang akan kamu publikasikan. 
  2. Kolom untuk mengetik tulisan blog kamu.  
  3. Untuk pengaturan dan gaya artikel, seperti mem-bold, huruf miring, memperbesar kata dan lainnya. 
  4. Untuk mempublikasikan artikel yang telah kamu buat. 




       























Tidak ada komentar:

Posting Komentar